Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW bagi Dzurriyat Kesulthanan Banten

Oleh Tb. Imamudin, Ketua Umum Forum Dzurriyat Kesulthanan Banten

 

12 Rabiul Awwal merupakan momen penting bagi ummat Islam seluruh dunia bilkhusus bagi dzurriyat Kesulthanan Banten karena pada hari tersebut lahir seorang manusia mulia yang memiliki keluhuran budi yaitu baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Kelahiran Nabi Kita Baginda Nabi Muhammad SAW sudah disampaikan oleh Nabi sebelumnya yaitu Nabi Isa AS..Subhanallah luarbiasa memang kelahiran Rasulullah SAW ini 600 tahun sebelumnya sudah dikabarkan. Hal ini tertuang dalam AlQur’an Surah Ash Shaaf ayat 6 :

Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: “Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)”. Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “Ini adalah sihir yang nyata”. (Qs. Ash Shaaf : 6)

Kelahiran yang memang ditunggu tunggu oleh alam semesta dan isinya karena tugas yang diemban amat berbeda dengan para nabi sebelumnya, Allah berikan misi yang tidak diberikan kepada para nabi nabi terdahulu. Hal ini dalam Al Qur’an Surat Al Anbiya ayat 107 yang artinya :

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam (Qs. Al Anbiya: 107)

Kalau Nabi dan Rasul sebelumnya misinya untuk kalangan terbatas berbeda dengan Nabi kita Muhammad SAW misinya menjadi rahmat bagi semesta alam. Kelahiran Nabi Muhammad SAW terjadi dimasa manusia sedang berada dalam kejahiliahan, dimana manusia berperilaku sekehendaknya sendiri, perbudakan merajalela, kesenjangan sosial tinggi, harkat wanita direndahkan dan sebagainya. Rasulullah hadir mengemban tugas tugas kerasulan untuk memberikan tuntunan dari Allah SWT meluruskan tata perilaku sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW bersabda

Innamaa bu’istu liutammimaa makaarimal akhlaq, sesungguhnya Aku (Rasulullah SAW) diutus untuk menyempurnakan akhlaq.

Rasulullah SAW mengajarkan, menuntun kita segala aktifitas sejak kita bangun tidur hingga kita tertidur kembali, bahkan ketika kita ingin kekamar kecilpun Rasulullah SAW menuntun kita bagaimana adab adabnya. Subhanallaah sungguh keluhuran budi Semoga kita bilkhusus sebagai dzurriyat Kesulthanan Banten dimana leluhur kita termasuk dalam garis keturunan Rasulullah SAW, leluhur kita sebagai Sultan Banten juga adalah da’i sehingga leluhur kita adalah orang terdepan dalam meneladani akhlaqnya Rasulullah SAW, semoga kita anak cucunya bisa mencontoh meneladani akhlaq akhlaq Rasulullah SAW.

InsyaaAllah dalam rangka pelestarian budaya dan silaturahim kepada masyarakat InsyaaAllah malam ke 14 Maulid kita akan adakan kegiatan rutin Pencucian Benda Pusaka Peninggalan Sultan Ageng Tirtayasa. Ini kita lakukan sebagai wujud hormat menjunjung marwah Kesulthanan Banten dan mendoakan para pejuang agama, nusa dan bangsa saat itu.